Bagaimana CIri-Ciri Sosial Media yang Baik?

Bagaimana CIri-Ciri Sosial Media yang Baik?

Media sosial banyak digunakan untuk keperluan pribadi ataupun bisnis. Namun, tidak semuanya mengerti bagaimana ciri-ciri sosial media yang baik yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebelum itu, ada baiknya simak ciri media sosial seperti berikut.

  • User Based

Media sosial digunakan secara online, dibangun, diarahkan dan dioperasikan oleh user. Tanpa adanya user, maka sosial media tersebut hanyalah platform kosong saja. Karena hal tersebut, dalam media sosial terdapat konten ataupun percakapan antara pemilik medsos tersebut dengan user lainnya yang mengunjungi dan menggunakan medsos tersebut.

  • Interaktif

Media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi antara user yang satu dengan user yang lain. Bentuk interaksi yang digunakan ada bermacam-macam. Misalnya dengan berdiskusi dan saling memberi komentar terhadap pembahasan tertentu ataupun like pada postingan yang diunggah.

Bagaimana CIri-Ciri Sosial Media yang Baik?
Bagaimana CIri-Ciri Sosial Media yang Baik?

Banyak sedikitnya interaksi yang terjadi di media sosial tersebut, tergantung dari sosial media management yang dilakukan, misalnya terkait konten. Jika konten yang diunggah tersebut memicu diskusi atau pendapat dari user lain, maka tingkat interaksi yang berjalan juga akan lebih baik.

  • Tanpa Perantara

Media sosial dijalankan atau disampaikan secara bebas tanpa menggunakan gatekeeper. Karena hal tersebut, interaksi yang terjadi di media sosial sangat tinggi. Namun, jika tidak bisa dikelola maka akan membuat sosial media hanya menjadi media untuk saling merugikan bahkan tidak berguna sama sekali.

  • Menghubungkan Orang

Dari interaksi yang terjadi di media sosial tersebut, maka pada akhirnya akan menghubungkan orang yang satu dengan yang lain. Ada yang berhubungan secara langsung, misalnya user yang sudah saling memfollow. Namun, ada pula yang berhubungan secara tidak langsung. Misalnya video yang diunggah hanya bisa dilihat oleh user lain.

Karena hal tersebut, media sosial bermanfaat untuk menghubungkan orang dan tak terbatas oleh tempat maupun waktu. Jika dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa menjaga silaturahmi, pertemanan bahkan menambah teman baru.

Lantas, Bagaimana Sosmed yang Baik?

Pada dasarnya, sosmed dipergunakan untuk media berkomunikasi atau perantara untuk menghubungkan 1 orang dengan orang lain tanpa batasan waktu dan tempat. Namun, user yang menggunakannya memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang diam saja, ada yang suka searching dan upload, ada yang hanya suka berkomentar.

Sifat dan sikap dari user tersebutlah yang membuat media sosial tersebut baik atau buruk saat digunakan. Secara keseluruhan, sosial media yang baik tersebut adalah sosmed yang bermanfaat dan tidak dipergunakan untuk menyakiti. Misalnya tidak menyinggung masalah SARA, menyebarkan kebencian dan informasi palsu, pertengkaran atau yang lainnya.

Sebaliknya, sosial media yang baik ketika dikelola dengan baik pula, akan bermanfaat atau setidaknya tidak merugikan orang lain. Jadi, ciri-ciri sosial media yang baik bisa Anda bisa cek pada konten atau keseluruhan media sosial tersebut, apakah isi dan interaksi di sosial media tersebut baik atau tidak. Jika isinya hanya pertengkaran bahkan memicu perselisihan, maka sosmed tersebut kurang baik.

Itulah ciri-ciri sosial media yang baik yang perlu Anda ketahui. Jadi, baik tidaknya sosial media tersebut adalah yang bermanfaat dan usernya sangat berperan untuk menentukan apakah sosmed tersebut baik atau buruk.