Cara Ampuh Memenangkan Lomba Desain Logo

Lomba desain logo merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia desain grafis. Kompetisi ini cukup sering diadakan dan selalu mendapat minat yang tinggi dari masyarakat. Terbukti dari jumlah peserta di berbagai perlombaan desain logo yang cukup fantastis. Ini menjadi tantangan tersendiri karena semakin banyak peserta berarti semakin kecil pula kemungkinan untuk menang.

Sebenarnya, apa saja pertimbangan juri dalam memenangkan salah satu peserta dalam kompetisi logo? Pertanyaan ini sebenarnya sudah lama terjawab karena juri selalu menjelaskan poin-poin penilaian yang harus dipenuhi peserta untuk menjadi pemenang. Sayangnya, tidak banyak yang berhasil memaksimalkan nilai mereka di poin-poin tersebut sehingga berulang kali gagal memenangkan lomba.

Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang sangat ampuh untuk memenangkan kompetisi desain logo.

 

Tips Menjadi Juara Lomba Desain Logo

  • Baca Peraturan Lomba dengan Teliti

Sebelum kita masuk ke pembahasan hal-hal teknis, langkah pertama yang paling penting dalam lomba desain logo adalah membaca dan memahami peraturan lomba dengan teliti. Banyak sekali peserta lomba yang sebenarnya menghasilkan logo berkualitas, tapi terpaksa harus gugur karena tidak memenuhi ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara.

Contoh sederhananya adalah format pengiriman desain. Biasanya, lomba desain logo yang diselenggarakan secara online memanfaatkan email sebagai media untuk mengirim hasil karya peserta. Dalam format apa desain harus dikirim? Apakah desain dikirim dalam bentuk file tunggal atau dikompres menjadi zip dengan dokumen lainnya? Bagaimana cara mengisi judul dan subjek email? Semua itu memang sepele, tapi sangat penting sebagai syarat untuk memenangkan lomba.

 

  • Utamakan Kualitas

Banyak lomba desain logo yang memperbolehkan peserta untuk mengirimkan lebih dari satu karya. Ini bisa menjadi keuntungan sekaligus jebakan. Keuntungannya adalah, Anda bisa mengirim lebih banyak hasil karya untuk memperbesar peluang kemenangan. Tapi hal ini juga bisa menjebak jika Anda hanya terpaku pada kuantitas.

Karena Anda berusaha untuk menghasilkan karya sebanyak mungkin, kualitas desain yang Anda buat menjadi terabaikan. Sebanyak apapun karya yang Anda ikutkan, jika kualitasnya kurang kompetitif, peluang menang Anda tetap kecil. Lebih baik mengirim satu atau dua karya yang kualitasnya benar-benar memuaskan. Jangan terpaku pada kuantitas, fokus saja pada kualitas desain yang Anda buat.

 

  • Buat Desain yang Berkarakter

Lomba desain logo selalu mencantumkan kriteria desain yang diharapkan dewan juri. Anda harus benar-benar memahami bagian ini dan mengerti apa yang diinginkan oleh juri. Misalnya, logo yang dibuat untuk sebuah platform blogging sebagai cara buat website gratis. Jika Anda sudah memahami karakternya, proses mendesain akan jadi lebih mudah.

Utamakan desain yang unik dan berkarakter. Buat desain yang mudah diingat sekaligus mampu menarik minat masyarakat. Logo juga harus bisa mencerminkan karakter bisnis dan produk Anda. Jadi, tidak hanya menarik secara visual, logo Anda juga harus mengandung makna yang ingin disampaikan oleh penyelenggara.

 

Rajin Berpartisipasi dalam Lomba Desain Logo adalah Kunci Kemenangan

Bersahabat dengan iklim kompetisi adalah salah satu kualitas yang harus Anda miliki untuk bisa memenangkan lomba. Hal ini bisa dilatih dengan partisipasi aktif sebanyak-banyaknya. Semakin sering Anda mengikuti kompetisi, semakin besar pula peluang Anda untuk menjadi juara lomba desain logo.