Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Website? Ini Dia Pembahasannya

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Website

Cara menulis daftar pustaka dari website sangat penting dan banyak dicari buat kebutuhan menulis karya berupa tulis ilmiah, skripsi, makalah hingga tesis. Untuk menulis daftar pustaka, apalagi bersumber yang berasal dari website, tentunya cara penulisannya akan terlihat sama dengan beberapa media cetak lainnya, sebagai contohnya adalah Jurnal, Buku, Majalah dan lain sebagainya.

Di pembahasan sebelumnya, kami telah membahas tentang cara mengatasi website yang overload, saat ini kami kembali hadir dengan pembahasan tentang bagaimana cara untuk menulis daftar pustaka dari website. Simak pembahasannya.

Faktor dalam Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website

Cara menulis daftar pustaka yang berasal dari website, sangat penting untuk anda memperhatikan tentang beberapa faktor berikut ini.

  • Nama Penulis, nama harus berurut dan tambahkan nama akhir, tengah maupun awal lalu tuliskan tanda titik. Jika penulis tersebut mempunyai gelar akademik, gelar tersebut tak perlu anda tulis. Jika nama penulis sebanyak lebih dari satu dan kurang dari enam, maka semuanya dapat ditulis. Apabila lebih dari enam penulis, maka anda dapat menulis inisialnya saja, lalu tulis dengan dkk dibagian belakangnya.
  • Tahun, terbit anda harus menulis tahun terbitnya dengan pemberian tanda titik dibagian akhir/belakang.
  • Judul, dimana anda dapat menulisnya dengan miring (italic) atau menebalkannya (bold), bisa juga dengan garis bawahi judulnya (underline). Jangan sampai lupa utnuk memberikan tanda titik dibagian akhir judulnya.
  • Kota Penerbitan, dalam hal ini anda dapat menulis nama kota penerbitan dengan menambahkan titik dua (:).
  • Penerbit, terakhir anda harus menulis nama penerbit dan diakhiri dengan tanda titik.

Cara dan Panduan Formatnya

Pada umumnya, untuk cara menulis daftar pustaka dari website, dimana anda harus mengetahui beberapa panduan formatnya. Lantas bagaimana panduan untuk menulis format dari daftar pustaka melalui website yang baik dan benar? Cobalah anda simak pembahasannya yang telah tersedia seperti berikut ini.

  1. Yang pertama anda harus memperhatikan tentang Nama Pengarang dalam menulis daftar pustaka dari sebuah website yang ada. Untuk cara menulis nama pengarang seperti aturan dari nama di daftar pustaka umumnya, yakni nama depan harus ditulis pada bagian belakang.
  2. Tak hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan tentang judulnya. Judul tulisan harus menghadirkan tanda kutip.
  3. Yang terakhir dan sangat penting bagi anda adalah alamat situs web blog harus seperti Unicorm Resource Locator atau URL.

Metode dalam Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Website

Perlu anda ketahui kalau cara menulis daftar pustaka dari website sangatlah mudah, tetapi setidaknya anda harus mencantumkkan tentang beberapa hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam penulisan yang seperti ini. Hal-hal tersebut terdiri dari nama penulis, waktu yang berupa tanggal, bulan hingga tahun, judul postingan, konten postingan dan waktu dalam mengakses yang dilakukan.

Disini kami telah menyusun beberapa metode dalam cara penulisan daftar pustaka dari website yang ada. Cobalah anda simak pembahasannya yang ada dibawah ini.

  1. APA, contohnya Mirza (2021, 2 Januari) “Cara Bermain Mobile Legends”. Diperoleh 4 Januari 2021, dari https://namadomain.com/.
  2. MLA dengan contohnya “Cara Bermain Mobile Legends”. Mirza. 2 Januari 2021. Web. 4 Januari 2021 <namadomain.com/>.
  3. MHRA yang bisa anda lakukan dengan cara menuliskan namanya terlebih dahulu. Misalnya Mirza. “Cara Bermain Mobile Legends”. Nama Domain, Kategori, 2 Januari 2021, <namadomain.com/kategori/>[diakses 4 Januari 2021].