Apa yang DImaksud dengan Visual Effect?

visual effect

Cara mengetahui alamat ip pada website memang bisa diimplementasikan atau disampaikan lewat video. Untuk membuat video tersebut lebih menarik untuk dilihat, tentu akan lebih menarik jika diberi efek. Apalagi video tersebut dipergunakan untuk promosi, video klip ataupun film. Salah satu efek yang kini banyak dipergunakan adalah visual effect atau vfx.

Namun, apa itu visual effect? Simak informasi berikut ini untuk tahu lebih jelasnya.

Pengertian Visual Effect

Visual effect atau vfx merupakan teknik editing video yang dipergunakan dalam dunia pertelevisian, animasi dan film yang menyertakan proses manipulasi di luar adegan dari pengambilan gambar saat syuting yang asli. Mudahnya, visual effect ini adalah teknik editing menggunakan bantuan CGI atau computer generated imagery untuk menciptakan kejadian, latar, peristiwa  sehingga sama seperti kenyataannya.

Biasanya, video yang akan diberi visual effect tersebut diambil di tempat khusus misalnya yang menggunakan green screen.  Dengan begitu, editor akan mudah untuk melakukan editing, misalnya pada backgroundnya.

Visual effect pertama kali dipergunakan oleh George Melies yang membuat film dari aksi sulap dan menggunakan teknik miniatur, stop motion animation dan multiple exposure. Lalu, di tahun 1895 tepatnya pada film The Execution of Mary Queen of Scots garapan Alfred Clarke juga menggunakan visual effect. Saat itu, visual effect yang dipergunakan adalah substitution shot.

Di tahun 1907, animatronic yang berupa elang mekanis dipergunakan di film The Eagle’s Nest. teknik visual editing berkembang dengan cukup pesat setelah di tahun 1916, Frank Williams membuat traveling matte. Lalu di tahun 1985, di film Young Sherlock Holmes dari Steven Spielberg menggunakan karakter CG lengkap. Setelah itu banyak film yang menggunakan visual effect untuk video seperti film layar lebar.

salah satu contoh visual effect
salah satu contoh visual effect

Manfaat Visual Effect

Visual effect dipergunakan dalam suatu video dengan tujuan seperti berikut ini:

  1. Memvisualisasikan adegan yang tidak bisa dicapai menggunakan alat biasa.
  2. Memanipulasi adegan.
  3. Meminimalisir pembengkakan biaya produksi.
  4. Mencegah terjadinya kru yang cedera karena adegan ataupun perlengkapan yang berbahaya.

Istilah teknik Visual Effect

Ada beberapa istilah yang dipergunakan dalam dunia editing terutama yang berkaitan dengan visual effect. Diantaranya adalah:

  1. Computer Generated Image atau CGI adlaah pencintraan yang dihasilkan oleh komputer untuk penerapan lanjutan di bidang komputer grafis. Media yang dipergunakan adalah autodesk 3D max, autodesk maya dan juga blender.
  2. Digital composing yang dikenal dengan sebutan blue screen atau green screen. Proses ini adalah teknik untuk merakit secara digital untuk membuat gambar akhir, tampilan layar atau gambar bergerak.

Itulah sekilas informasi mengenai visuall effect, manfaat dan istilah yang dipergunakan dalam dunia visual effect. Jika Anda hendak menggunakan visual effect untuk video Anda, pastikan jika hardware seperti komputer Anda memiliki spek yang mumpuni agar proses editing berjalan dengan baik.