3 Langkah Praktis Belajar Desain Logo Secara Otodidak

Belajar desain logo tidak hanya dilakukan di bangku pendidikan formal. Asalkan Anda mempunyai kemauan yang kuat, Anda bisa berlatih membuat logo secara otodidak. Bahkan, tidak sedikit desainer profesional yang mendapatkan skillnya tanpa mengenyam pendidikan di bidang desain sama sekali.

Apalagi peluang karir di bidang desain terbuka sangat lebar. Mulai dari pekerjaan tetap di perusahaan hingga jasa buat logo dengan sistem kerja freelance, semua menawarkan penghasilan dengan nilai yang cukup menggiurkan. Jika Anda siap untuk belajar desain secara otodidak, berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

 

Langkah-langkah Belajar Desain Logo Otodidak

  • Pelajari Materi Dasar

Seperti bidang keahlian yang lain, belajar desain logo juga dimulai dari materi dasar. Anda akan berkenalan dengan unsur-unsur dasar desain grafis seperti proporsi, komposisi, harmoni, dan lain sebagainya. Semuanya penting untuk Anda pelajari sebagai pijakan dasar sebelum Anda menginjakkan kaki ke langkah selanjutnya.

Materi dasar desain grafis bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber dengan format yang bervariasi. Ada banyak materi teks dalam format pdf, artikel berkualitas di website desain bergengsi, hingga video tutorial di berbagai channel YouTube. Semuanya menyajikan materi yang berkualitas, hanya berbeda di format dan cara penyajian.

 

  • Praktek dengan Software Desain

Langkah kedua untuk belajar desain logo secara otodidak adalah mempelajari materi sambil mempraktekkan langsung cara kerja software desain. Pertama, tentukan dulu software apa yang ingin pertama kali Anda pelajari, Untuk pembuatan logo, kami merekomendasikan Adobe Illustrator dan Corel Draw. Untuk versi gratis, Anda bisa mencoba Inkscape dan Krita.

Tutorial bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Untuk teknis penggunaan software, kami lebih merekomendasikan video tutorial di YouTube. Metode ini dinilai paling efektif dan paling disukai karena Anda bisa melihat secara langsung langkah-langkah penggunaan software desain.

 

  • Kembangkan Skill dan Relasi

Belajar desain logo harus dilakukan secara konsisten. Anda harus rajin berlatih untuk meningkatkan kualitas hasil desain yang Anda buat. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menantang diri sendiri. Cobalah membuat desain logo dari yang sederhana sampai ke tingkat yang lebih kompleks.

Anda juga bisa bergabung ke grup dan forum yang membahas dunia desain. Kesempatan untuk berbagi wawasan dan pengalaman dengan desainer lain tidak boleh Anda lewatkan. Partisipasi di komunitas akan meningkatkan keahlian, wawasan, dan pengalaman Anda dalam bidang desain. Informasi tentang kompetisi dan peluang kerja pun banyak bertebaran di forum-forum bergengsi.

 

Menjadi Desainer Profesional dengan Jalur Ototidak

Kompetensi desainer otodidak tidak bisa diremehkan. Pelajar otodidak biasanya memiliki passion yang tinggi karena mempelajari sesuatu karena minat dan hobi, bukan karena keharusan seperti yang terjadi di pendidikan formal. Passion dan antusiasme adalah komposisi utama yang harus Anda miliki jika ingin menjadi desainer profesional. Ketiga tips di atas bisa Anda gunakan sebagai panduan dasar untuk belajar desain logo otodidak dengan hasil yang maksimal.